Halaman

Rabu, 20 November 2013

Standar Tune-Up Mesin Toyota 5K



TUNE-UP MESIN 5K
SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN

NO
NAMA BAGIAN
PEMERIKSAAN & PENYETELAN
1
Defleksi tali kipas (ditekan 10Kg)
7 – 11 mm
2
Kabel tegangan tinggi (busi)
Kurang dari 25K Ohm
3
Sudut dwell
520± 60 atau antara 460 - 580
bila sudut dwell terlalu kecil, kecilkan penyetelan platina
bila  terlalu besar, besarkankan penyetelan platina
4
Celah platina
0,40 mm
5
Saat pengapian
50±20 atau antara 30 – 70 sebelum TMA pada putaran max 900 RPM
6
Celah katup (kondisi panas)
In : 0,20 mm
Ex : 0,30 mm
7
Putaran idle
750 ± 50 RPM atau antara 700 – 800 RPM,  dengan slang vacum advancer disumbat
8
Tekanan kompresi
Standar 12,6 Kg/cm2
minimal 9,5 Kg/cm2
perbedaan antar silinder kurang dari 1 Kg/cm2
9
Berat jenis elektrolit accu
1,26 – 1,28 Kg/liter
10
Pengencangan kepala silinder
5,4 – 6,6 Kg.m
11
Kebocoran radiator
Tidak terdapat kebocoran pada 1,2 Kg/cm2
12
Tutup radiator
Membuka  pada tekanan  0,75 – 1,05 Kg/cm2
13
Coil
Primer 1,3 – 1,6 Ohm
Sekunder 10,7 – 14,5 K Ohm
Resistor 1,1 -1,3 Ohm
14
Celah busi
0,7 – 1 mm

Urutan Pekerjaan :

  1. PELINDUNG: Pasang fender & cover
  2. Hidupkan mesin 1-3 menit
  3. ALAT:  Sambil menunggu mesin panas, siapkan alat yang diperlukan. Kemudian matikan mesin
  4. OLI : Periksa oli mesin
  5. SARINGAN : Bersihkan saringan bensin, saringan udara
  6. KATUP : Setel katup, kencangkan tutup silinder
  7. RADIATOR : Periksa kondisi air radiator, air pada reservoir. Periksa kebocoran radiator (radiator tester), tutup radiator, aliran air radiator (saat mesin hidup)
  8. FAN BELT : Lepas fan belt kemudian periksa kondisinya, pasang lagi & kekencangan fan belt
  9. ACCU : Lepas terminal (–) kemudian (+) . Periksa kondisi accu, bj air accu, bersihkan tutupnya, periksa tegangan accu. Pasang terminal (+) kemudian (-)
  10. BUSI : Periksa busi, kabel busi, tutup distributor
  11. COIL : Periksa hambatan coil
  12. PLATINA : Periksa & setel platina
  13. ADVANCER : Periksa rotor, governor advancer, vacum advancer
  14. Hidupkan mesin
  15. TACHOMETR : Setel putaran idle, baut udara 4,5 putaran ~ setel baut gas sampai  idle
  16. TIMING LIGHT : Periksa saat pengapian (dengan slang vacum adv disumbat), putar distributor atau oktan selector bila pengapian tidak tepat
  17. DWELL TESTER : Periksa sudut dwell, setel celah platina bila tidak tepat
  18. Tes kompresi bila diperlukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar