TUNE-UP MESIN 5K
SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN
NO
|
NAMA BAGIAN
|
PEMERIKSAAN & PENYETELAN
|
1
|
Defleksi tali kipas (ditekan 10Kg)
|
7 – 11 mm
|
2
|
Kabel tegangan tinggi (busi)
|
Kurang dari 25K Ohm
|
3
|
Sudut dwell
|
520± 60 atau antara 460 -
580
bila sudut dwell terlalu kecil, kecilkan penyetelan
platina
bila terlalu besar,
besarkankan penyetelan platina
|
4
|
Celah platina
|
0,40 mm
|
5
|
Saat pengapian
|
50±20 atau antara 30 – 70
sebelum TMA pada putaran max 900 RPM
|
6
|
Celah katup (kondisi panas)
|
In : 0,20 mm
Ex : 0,30 mm
|
7
|
Putaran idle
|
750 ± 50 RPM atau antara 700 – 800 RPM, dengan slang vacum advancer disumbat
|
8
|
Tekanan kompresi
|
Standar 12,6 Kg/cm2
minimal 9,5 Kg/cm2
perbedaan antar silinder kurang dari 1 Kg/cm2
|
9
|
Berat jenis elektrolit accu
|
1,26 – 1,28 Kg/liter
|
10
|
Pengencangan kepala silinder
|
5,4 – 6,6 Kg.m
|
11
|
Kebocoran radiator
|
Tidak terdapat kebocoran pada 1,2 Kg/cm2
|
12
|
Tutup radiator
|
Membuka pada
tekanan 0,75 – 1,05 Kg/cm2
|
13
|
Coil
|
Primer 1,3 – 1,6 Ohm
Sekunder 10,7 – 14,5 K Ohm
Resistor 1,1 -1,3 Ohm
|
14
|
Celah busi
|
0,7 – 1 mm
|
Urutan Pekerjaan :
- PELINDUNG: Pasang fender & cover
- Hidupkan mesin 1-3 menit
- ALAT: Sambil menunggu mesin panas, siapkan alat yang diperlukan. Kemudian matikan mesin
- OLI : Periksa oli mesin
- SARINGAN : Bersihkan saringan bensin, saringan udara
- KATUP : Setel katup, kencangkan tutup silinder
- RADIATOR : Periksa kondisi air radiator, air pada reservoir. Periksa kebocoran radiator (radiator tester), tutup radiator, aliran air radiator (saat mesin hidup)
- FAN BELT : Lepas fan belt kemudian periksa kondisinya, pasang lagi & kekencangan fan belt
- ACCU : Lepas terminal (–) kemudian (+) . Periksa kondisi accu, bj air accu, bersihkan tutupnya, periksa tegangan accu. Pasang terminal (+) kemudian (-)
- BUSI : Periksa busi, kabel busi, tutup distributor
- COIL : Periksa hambatan coil
- PLATINA : Periksa & setel platina
- ADVANCER : Periksa rotor, governor advancer, vacum advancer
- Hidupkan mesin
- TACHOMETR : Setel putaran idle, baut udara 4,5 putaran ~ setel baut gas sampai idle
- TIMING LIGHT : Periksa saat pengapian (dengan slang vacum adv disumbat), putar distributor atau oktan selector bila pengapian tidak tepat
- DWELL TESTER : Periksa sudut dwell, setel celah platina bila tidak tepat
- Tes kompresi bila diperlukan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar